Olahan jamur adalah bahan makanan yang juga bisa membuat kita sehat. Jamur banyak sekali jenisnya. Namun yang biasanya dijadikan makanan adalah tiga jenis jamur. Tiga jenis jamur tersebut adalah jamur tiram, jamur kuping dan jamur kancing.

Jamur tiram mempunyai rasa layaknya ayam sedangkan jamur kuping mempunyai tekstur yang kenyal. Tekstur yang kenyal tersebut sangat enak jika dijadikan masakan. Selanjutnya ada jamur kancing yang berbentuk bulat layaknya kancing.

Jamur ini biasanya dicampur dengan makanan eropa atau topping pizza. Nah jika anda ingin memakan jamur, berikut ada rekomendasi makanan jamur yang bisa jadi referensi yang ada di rumah makan padang.

Jamur Tiram Krispi

Referensi makanan olahan jamur yang pertama ini bisa menjadi referensi anda jika ingin cemilan yang sehat. Cara membuat jamur tiram krispi ini juga sangat mudah sehingga anda tidak perlu membutuhkan waktu lama. Anda beli jamur tiram 500 gram dan juga tepung bumbu krispi.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Jamur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Selanjutnya anda cuci bersih jamur tiram dengan air yang mengalir di keran. Setelah itu peras jamur hingga tidak ada lagi sisa airnya. Selanjutnya anda potong jamur yang terlalu besar. setelah itu anda buat adonan tepungnya. Campurkan dengan jamurnya dan goreng di minyak yang panas. Anda bisa makan jamur dengan bubuk keju atau juga dengan saos sambal.

Bihun Goreng Jamur Kuping

Masakan yang satu ini bisa jadi lauk makan atau juga cemilan yang sehat. Anda bisa menyiapkan bihun 1 yang ukuran besar. selanjutnya siapkan jamue kuping sekitar 250 gram. Selanjutnya anda siapkan bawang merah dan putih untuk bumbunya. Selanjutnya anda beli cabe gendot sekitar 7 buah.

BACA JUGA: 6 Makanan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Kamu!

Lalu anda juga siapkan saos tiram. Anda rebus dahulu bihunya dan kemudian dimasak dengan bumbu yang sudah diiris dan ditumis. Setelah itu masukkan jamur kupingnya juga. Terakhir masukkan saos tiramnya. Aduk rata dengan api sedang saja.

Tumis Jamur Kancing Dan Ayam

Makanan yang satu ini memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Namun anda bisa mencobanya di rumah. Makanan yang satu ini juga menjadi makaann sehat bagi anda yang suka. Anda siapkan jamur kancing 5 buah dan dada ayam 1 potong besar.

BACA JUGA: 5+ Makanan Khas Semarang yang Lezat, Wajib Dicoba!

Potong dahulu ayamnya dan tumis dengan garam dan merica. Selanjutnya anda tambahkan bawang putih yang digeprek. Setelah itu masukkan jamur kuping yang sudah dibelah menjadi 4 bagian. Tambahkan saus tomat dan saus sambalnya. Setelah itu aduk-aduk lagi.

Tumis Jamur Tiram

Jamur tiram tidak hanya bisa digoreng, ditumis juga sangat enak sekali. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah bawang bombay, bawang putih, cabe pedas, wortel, dan jamur tiram. Selanjutnya anda iris dahulu bawang bombaynya dan bawang putihnya.

Oseng-oseng dengan cabe pedas yang sudah diiris. Setelah itu masukkan wortel ber air dan kemudian diamkan dahulu. Selanjutnya masukkan jamur tiram yang sudah dipotong memanjang. Tambahkan garam dan juga royco sapinya.

Sup Jamur Kuping

Jamur kuping dicampur dengan sup ayam sangat enak juga. Anda bisa memasak sup ayam dengan bumbu bawang putih dan merica. Setelah itu masukkan jamur kupingnya. Tambahkan sayuran lainnya seperti wortel, buncis dan juga lobak.

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Kita Hindari Selama Puasa

Setelah itu anda juga bisa tambahkan lainnya seperti bihun. Bihun atau miso ditaruh di bagian akhir. Ditaruh di bagian akhir ketika sudah hampir matang agar tidak benyek. 

Demikianlah tulisan kali ini, semoga artikel mengenai inspirasi resep masakan yang lezat dari jamur ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk disajikan kepada keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here