Resep Ayam Dadu Kalasan Spesial Wajib Dicoba Para Ibu Muda

Mungkin Anda sedang kebingungan ingin masak apa untuk menu makan siang. Ada resep yang sangat spesial yaitu ayam dadu kalasan yang akan membuat siapapun bergoyang lidahnya. Cara membuatnya pun termasuk praktis bagi Anda yang tidak ingin ribet. 

Dilansir dari Wikipedia, resep ayam kalasan adalah menu yang berasal dari daerah Yogyakarta. Pada umumnya, ayam kalasan memakai ayam utuh yang dihidangkan. Akan tetapi, sekarang ini Anda dapat menyajikan dengan potongan bentuk dadu.

Baca juga: Resep Cara Buat Salad Sayur yang Bikin Nagih

Sesuai namanya, ayam goreng kalasan berasal dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Ayam ini mempunyai rasa yang sangat enak dipadukan aneka rempah khas Nusantara. Tekstur ayamnya juga akan empuk sampai ke tulang. Hidangan tersebut dilengkapi juga kremesan renyah saat dimakan. 

Saat berkunjung ke Yogyakarta, menu ini wajib Anda coba. Namun, sekarang ini cara membuat ayam dadu Kalasan spesial secara mudah di rumah dengan tepung bumbu Kobe. 

Resep Praktis Membuat Ayam Dadu Kalasan 

Resep menu ayam Kalasan Kobe sendiri cukup sederhana, karena Anda hanya perlu menggunakan bumbu Kalasan siap saji seperti kobe. Jadi, tidak usah repot-repot lagi untuk membuat dadu Kalasan sendiri.  Tentunya Anda semakin penasaran bagaimana cara membuat ayam dari Kalasan ini?. Berikut resepnya

Bahan :

  • 400 gram ayam fillet
  • 35 gram bumbu kalasan
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis

Cara Membuat :

  • Potonglah daging ayam berbentuk kotak-kotak seperti dadu.
  • Berikutnya, tetesi dengan jeruk air nipis marinasi ayam pakai Kobe Bumbu Kalasan.
  • Berikutnya, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Lalu, panaskan minyak diatas wajan dan goreng lah ayam sampai matang.
  • Ayam dadu Kalasan sudah siap untuk disajikan. 

Tips Membuat Olahan Ayam Dadu Menggunakan Kobe Bumbu Kalasan

Dalam membuat resep ayam dadu Kobe, memang menggunakan bumbu masak Kobe akan lebih praktis. Nantinya, daging ayam akan gurih. Tipsnya yaitu ketika marinasi, gunakanlah air kelapa untuk menggantikan air biasa. Di samping itu, supaya bumbu meresap hingga ke daging ayam maka proses marinasinya sebaiknya dilakukan semalaman.

Baca juga: Resep Ayam Kentucky Dengan Kreasi Spesial

Ayam bumbu Kobe Kalasan adalah bumbu komplit serta praktis dan wajib tersedia di rumah. Ada sejumlah keunggulan masak pakai kobe bumbu Kalasan seperti berikut:

  • Bumbunya lengkap dengan rasa yang gurih, manis serta kaya akan rempah.
  • Kreasi ayam pakai Kobe terasa lezat serta mudah menyerap.
  • Harganya lebih hemat, bisa untuk 1 ekor ayam dengan ukuran sedang. 
  • Dibuat untuk berbagai kreasi Kobe bumbu kalasan lainnya seperti tahu, tempe, dan sebagainya.
  • Tanpa disertai bahan pewarna buatan dan pengawet.

Sekilas Mengenai Kobe

Kobe adalah merek tepung bumbu pertama di Indonesia dan sudah berdiri mulai Tahun 1979. Karena memiliki rasa yang spesial, banyak orang yang menyukainya dan mempunyai jargon Kobe ahlinya tepung bumbu !.

Banyak orang yang mengira bahwa Kobe berasal dari Jepang. Pada faktanya, Kobe bumbu Kalasan membuat rasa masakan manis, gurih, dan berempah adalah asli dari Indonesia. Ternyata, Kobe merupakan akronim dari Kata Orang Banyak Enak.

Baca juga: Ini dia Resep Mie Ayam Enak dan Mudah

Tepung bumbu Kobe memiliki banyak varian. Sejumlah rasanya mulai dari Kobe tepung tempe kriuk, Kobe tepung Kentucky super crispy, Kobe tepung bumbu putih, Kobe tepung serbaguna, Kobe tepung bakwan kress, dan Kobe tepung pisang goreng.

Dari sejumlah varian di atas, ada juga kobe tepung bumbu Kalasan yang akan menjadikan olahan ayam pakai Kobe semakin spesial. Keluarga atau tamu pasti akan menyukainya. Dihidangkan secara hangat dengan nasi putih, rasanya akan semakin nikmat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap