Cara Jualan di Instagram Shopping Agar Cepat Laku

Cara Jualan di Instagram Shopping Agar Cepat Laku 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Menggunakan Instagram shopping bisa membuat produk jualan online kamu semakin cepat laku. Adanya fitur ini memudahkan pelanggan berbelanja produk yang terpampang di foto dan video langsung dari aplikasi di mana pun mereka berada. Berikut ini dibahas mengenai cara jualan di Instagram Shopping agar produkmu laris:

Optimalkan Profil Instagram

Profil Instagram yang bagus dan menarik berarti merupakan cerminan dari toko online. Karena saat ini banyak konsumen yang beralih dari Google ke Instagram untuk mencari produk atau brand yang diinginkan, untuk itu memiliki tampilan profil yang menarik sangatlah penting. Dalam profil Instagram sebaiknya kamu memberikan beberapa informasi agar menarik. Informasi yang sebaiknya kamu tampilkan adalah foto profil, bio Instagram, link URL.

Pilihlah foto yang relevan dengan bisnis yang kamu jalani. Kemudian sertakan deskripsi yang jelas namun singkat tentang bisnis yang dijalankan. Kamu dapat memberikan tagline atau jargon bisnis mu pada Bio Instagram.

Pada bagian URL biografi kamu bisa meletakkan link yang dapat diklik. Letakan link yang mengarahkan pelanggan menuju website toko online atau marketplace bisnis online kamu jika ada.

Gunakan Instagram Ads

Cara jualan di Instagram Shopping yang tak boleh kamu lewatkan adalah menggunakan Instagram Ads untuk melakukan promosi atau iklan. Pada Instagram Ads ini kamu bisa menyasar target pasar yang lebih tepat sasaran. Penggunaan Instagram Ads ini memang tidak gratis, namun masih cukup terjangkau.

Instagram Ads akan menyediakan berbagai pilihan penargetan, kamu bisa memilih demografi yang paling sesuai dengan target pasar yang ingin kamu sasar. Cara menggunakan Instagram Ads ini dengan mempromosikan produk yang telah diunggah di Instagram bisnis kamu cukup dengan tekan tombol “promote“.

Untuk mengecek bagaimana performa iklan yang telah dipasang, klik “View Results” di sudut kiri bawah iklan. Menggunakan Instagram Ads memang membutuhkan sedikit keterampilan, namun dengan sering melakukannya maka kamu akan dapat mendapatkan hasil yang diinginkan.

Link Produk Dengan Instagram Story

Instagram Stories menjadi hal yang sering dikunjungi pengguna Instagram, fitur tersebut memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif harian. Terkadang banyak pengguna yang lebih sering berinterasi lewat Instagram Story.

Instagram Story dapat memperlihatkan detail produk, mempromosikan penawaran spesial, atau menampilkan produk terbaru. Link website toko online kamu pun dapat ditambahkan ke Instagram Story pada panah kecil bagian bawah dan tulisan “See More” sehingga saat pengguna sedang melihat-lihat story kamu, dapat langsung segera terkoneksi dengan website toko online.

Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan Instagram story kamu, maka semakin besar juga kemungkinan postingan kamu akan muncul di feed mereka. Kamu bisa memanfaatkan fitur polling atau question box untuk membangun engagement di Instagram Story dengan para pelanggan.

Membuat Feed Instagram yang Dapat Langsung Dibeli

Pada fitur Instagram Shopping memungkinkan kamu untuk memberikan label tag pada produk yang di unggah. Sehingga pelanggan bisa langsung klik produk di unggahan dan membelinya tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram. Untuk itu buatlah fee Instagram dengan foto produk yang menarik pelanggan dan manfaatkan fitur label tag di unggahan kamu.

Membuat Promosi Khusus

Pelanggan pastinya senang dengan beragam promo yang diberikan, baik berupa diskon, cashback, atau promo lainnya. Kamu bisa membuat promo khusus di Instagram agar semakin menarik pembeli.

Misalnya promo untuk peluncuran produk baru, kamu bisa memanfaatkan fitur Product Launch untuk mengumumkan hitung mundur waktu peluncuran produk. Kamu bisa menginfokan akan ada promo khusus bagi pembeli pertama atau sebagainya.

Manfaatkan Influencer

Kamu dapat bekerja sama dengan Influencer untuk mempromosikan produk dan toko online mu. Cara jualan di Instagram Shopping ini sangat penting dilakukan untuk membuat toko onlinemu makin dikenal. Dengan Shopping From Creator atau dengan sistem endorsement akan membuat produkmu dikenal para pengikut Influencer yang diajak berkerja sama.

Jangan asal memilih Influencer, pastikan pilih dengan produk yang akan dipasarkan. Misalnya kamu menjual makanan, kamu bisa mengajak Influencer yang aktif memberikan informasi seputar makanan untuk bekerja sama.

Gunakan Hashtag

Penggunaan Hashtag tentunya sudah tak asing lagi. Penggunaan Hashtag yang tepat berpotensi untuk membuat unggahan kamu dilihat oleh banyak orang.

Tak perlu terlalu banyak menggunakan hashtag, sebaiknya fokus kepada beberapa hashtag saja namun bertarget yang relevan.  Dengan menggunakan hashtag dengan tepat, kamu bisa memastikan bahwa pengguna yang mengunjungi profil kamu termasuk dalam demografis target pasar.

Optimalkan Caption

Sebuah caption dapat membuat unggahan kamu menarik dan bahkan bisa membuat interaksi dengan pelanggan. Caption bisa membuat unggahanmu menjadi lebih menarik atau bahkan lebih lemah, untuk itu perhatikan baik-baik caption yang ditulis. Manfaatkan juga caption untuk memancing pengguna berinteraksi dengan meninggalkan komentar, sehingga unggahanmu akan ramai dikunjungi.

Buat Konten Bermanfaat

Jangan hanya mengunggah foto produk saja, kamu bisa sesekali membagikan unggahan yang berisi informasi bermanfaat yang berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya saja kamu menjual pakaian, kamu bisa membuat konten mengenai tips fashion atau sejenisnya.

Dengan unggahan yang memberi informasi bermanfaat akan membuat pengguna membagikan informasi tersebut kepada teman-temannya, sehingga profil Instagram kamu akan banyak diikuti dan ramai dikunjungi.

Nah setelah kamu mempelajari cara jualan di Instagram Shopping tadi tentunya membuat kamu bersemangat nih untuk segera mengaktifkan fitur keren ini. Kamu bisa dengan mudah memiliki Instagram Shopping dengan layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST).

Ini merupakan layanan untuk membantu para penjual online untuk dengan mudah memiliki Instagram Shopping. Kamu hanya perlu mendaftar dan menunggu sesuai nomor antrean agar bisa dibantu oleh tim TokoTalk untuk mengaktifkan Instagram Shopping.

Jika kamu mengajak teman penjual online lainnya untuk bergabung, kamu bisa semakin cepat dibantu oleh TokoTalk untuk bisa mengaktifkan Instagram Shopping. Apa alasannya? Mengajak penjual lain akan menaikan nomer antreanmu.

Hal paling penting yang diperlukan untuk mengaktifkan Instagram Shopping kamu harus memiliki website toko online sendiri. Kamu juga bisa membuat website toko online dengan TokoTalk. Website kamu akan terlihat keren, canggih, cepat, dan aman sehingga pelanggan dapat mengandalkan websitemu. Semua layanan tersebut gratis ya dari TokoTalk, jadi kamu gak perlu khawatir deh harus mengeluarkan budget lagi. Yuk, segera daftarkan toko online kamu agar jualan cepat laku dengan Instagram Shopping!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Keunggulan AC Multi Split yang Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

AC sudah menjadi salah satu perangkat elektronik penting yang harus ada di rumah, apalagi untuk masyarakat yang tinggal di...
error: Kalau mau copas untuk tugas boleh hubungi kontak aku. Kalau untuk maling mending gausah, haha.