6 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

handayat.com_iPrice_Rekomendasi Tempat Wisata di Sumbar

Era pandemi Covid-19 mulai mereda, sejumlah lokasi wisata di Indonesia pun kembali dibuka secara bertahap. Tentunya  kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk berlibur bersama keluarga dan juga orang-orang tercinta.

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mungkin bisa dijadikan sebagai destinasi liburan kamu selanjutnya. Provinsi yang satu ini tidak hanya terkenal dengan makanannya yang mendunia, yaitu rendang. Akan tetapi, Sumbar juga menyimpan objek-objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata yang menarik di Sumatera Barat bisa kamu temui di antaranya di Kota Padang, Bukittinggi, dan daerah lainnya. Jalan-jalan tentu tidak lengkap jika keseruannya tidak diabadikan. Untuk itu, kamu bisa memilih kamera terbaik yang mudah dibawa dan digunakan kapan saja.

Berminat untuk menjelajahi keindahan alam Sumatera Barat? Berikut kami hadirkan informasi seputar tempat wisata di Negeri Minangkabau.

Lembah Harau

Keindahan pertama di Sumatera Barat dibuka oleh wisata alam Lembah Harau. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal yang terletak di dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Untuk menikmati indahnya pemandangan lembah yang luas dan diapit oleh dua bukit ini kamu dapat menggunakan transportasi darat. Perjalanan pun dimulai dari Kota Padang yang menempuh jarak sekitar 100 kilometer atau selama 3 jam menggunakan transportasi darat.

Lembah Harau sendiri dibagi atas 3 bagian, yaitu untuk rekreasi, pengembangan, dan konservasi. Pada zona rekreasi kamu dapat menikmati indahnya air terjun, tebing tinggi, lingkungan yang asri hingga Little Eropa yang menjadi daya tarik terbaru. Uniknya lagi, di sini terdapat banyak titik berfoto yang instagramable.

Tidak hanya itu, sebagai fungsi konservasi, kamu juga dapat melihat langsung monyet ekor panjang. Lembah Harau juga terdaftarnya sebagai cagar alam yang berarti kawasan ini dilindungi. Ingin menghabiskan beberapa hari di Lembah Harau? Tenang, di sini juga terdapat beberapa tempat penginapan seperti resort dengan nuansa alam yang menarik dan bisa jadi pilihan kamu.

Jam Gadang

Jam Gadang merupakan nama yang diberikan kepada sebuah menara jam di Bukittinggi dan juga menjadi ikon kota tersebut. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka Jam Gadang adalah jam besar. Nama ini juga sesuai dengan tinggi bangunannya yang mencapai 26 meter dengan dasar 13×4 meter.

Kini area taman di sekitar Jam Gadang sudah diperluas sehingga bisa menjadi ruang berinteraksi bagi masyarakat. Adapun acara-acara atau festival yang diselenggarakan juga bersifat umum di mana wisatawan bisa langsung menyaksikannya.

Keunikan dari Jam Gadang ini adalah bangunannya yang kokoh meski terbuat dari kapur dan putih telur sebagai perekatnya. Selain itu, penulisan angka romawi “IV” justru dibuat berbeda, yaitu menjadi “IIII” dan mesin penggerak jam ini diproduksi oleh Belanda pada tahun 1892 lalu.

Nagari Pariangan

Tahukah kamu bahwasanya ada satu desa di Indonesia yang mendapat predikat desa terindah di dunia? Desa tersebut bernama Desa Pariangan atau lebih dikenal dengan sebutan Nagari Pariangan di Sumatera Barat.

Salah satu majalah luar negeri bahkan menyandingkan kecantikan desa ini dengan desa di luar negeri lainnya, seperti Desa Wengen di Swiss dan Eze di Prancis. Desa ini terletak di Kabupaten Tanah Datar dan berada di ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut.

Di sini kamu dapat menemukan rumah-rumah dengan arsitektur tradisional Minangkabau atau yang biasa dikenal sebagai rumah gadang. Desa ini pun memiliki lingkungan yang masih asri dan hijau sehingga udara di desa ini dijamin bersih dan segar.

Usut punya usut, dari desa inilah lahirnya sistem pemerintahan masyarakat Minangkabau yang disebut nagari. Nagari Pariangan ini memang merupakan desa yang kuno dan jadi desa tertua di Sumatera Barat.

Danau Singkarak

Pesona keindahan alam Sumatera Barat memang tidak ada habisnya. Menjelajahi wisata alamnya memang sangat menarik, tapi kamu perlu memastikan untuk mengikuti protokol kesehatan agar berlibur tetap aman dan nyaman di masa pandemi.

Destinasi selanjutnya adalah Danau Singkarak yang berjarak 70 kilometer dari Kota Padang. Lokasi danau ini pun berada di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Danau Singkarak sebenarnya juga dijadikan sebagai sumber tenaga PLTA selain menjadi tempat rekreasi.

Pemandangan bukit yang cantik terbentang luas di sekitar danau yang mempunyai luas sekitar 11 ribu hektar ini. Kamu juga bisa berfoto bersama keluarga di pinggiran danau dan jangan lupa juga untuk mencicipi olahan ikan bilih yang menjadi makanan khas dari Danau Singkarak.

Kebun Teh Alahan Panjang

Terletak di ketinggian 1.400 hingga 1.600 meter di atas permukaan laut, kebun teh Alahan Panjang menyajikan pemandangan hijau nan luas untuk wisatawan. Lokasinya yang tinggi dan dikelilingi tumbuhan hijau pastinya juga akan memberikan kesejukan sehingga kamu direkomendasikan untuk membawa jaket atau sweter.

Bukan hanya kebun teh biasa, di sini kamu bisa berfoto dengan latar kebun teh yang tersusun rapi dan membentuk pola tertentu. Di tempat ini, kamu juga bisa melihat langsung bagaimana petani memetik daun-daun teh sebelum akhirnya diproduksi menjadi minuman.

Pulau Pagang

Usai berjalan-jalan di dataran tinggi, kini kita beralih ke wisata pulau yang ada di Sumbar, yaitu Pulau Pagang. Pulau ini menjadi ikon baru pariwisata di provinsi ini yang semakin dikelola dengan baik. Pulau Pagang memiliki luas mencapai 10 hektar dengan pantai berpasir putih dan juga hutan kecil yang alami.

Pulau ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena menyuguhkan perairan yang berwarna biru jernih dan juga tenang. Pulau Pagang pun menjadi incaran wisatawan karena memiliki gugusan terumbu karang yang cantik dan terpelihara, serta kamu dapat melihat ikan-ikan bermain di antaranya.

Nah, itulah dia 6 rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi. Sejatinya Sumbar masih menyimpan banyak tempat wisata lainnya yang bisa dijelajahi, kamu pun bisa mencari tahu dari berbagai sumber lainnya. Selamat liburan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top