Berencana Liburan ke Jogja? Baca Dulu Panduan Wisata Berikut Ini

Pesona kota Jogja memang nggak ada duanya. Bukan hanya kultur budayanya yang masih dilestarikan, Kota Gudeg ini juga menawarkan daya tarik lain seperti kuliner khas yang menggoyang lidah, gunung berapi yang masih aktif, deretan wisata pantai, serta tempat nongkrong yang asyik.

Di sisi lain, akses menuju Jogja juga terbilang mudah. Salah satu transportasi andalan yang biasa digunakan para wisatawan agar cepat sampai di lokasi adalah pesawat. Untuk mencari tahu tarif penerbangan ke Jogja terbaru, kamu bisa cek langsung harga tiket pesawat di Traveloka.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seru dan Menarik di Malang di Era New Normal

Sebelum terbang, kamu bisa menyimak panduan wisata di bawah ini sebagai referensi perjalanan selama di Jogja.

Rekomendasi Hotel Unik di Jogja

Jika kamu berencana liburan di Jogja selama beberapa hari, temukan sensasi menginap yang unik pada 3 rekomendasi hotel berikut.

La Luna Resort Yogyakarta

Beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 8, Ngaglik, Sleman, La Luna Resort Yogyakarta menawarkan penginapan unik bernuansa gypsy dengan pilihan kamar tipe Family dan Deluxe.

Baca juga: Destinasi Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi 2021

Saking uniknya penampilan interior dan eksterior yang ada di sini, La Luna Resort Yogyakarta terlihat begitu instagramable sehingga cocok digunakan sebagai latar belakang berfoto.

Bukan hanya itu, kolam renangnya pun tampil kece dengan tambahan dekorasi di bagian tepinya.

Omah Njonja Bed & Brasserie

Pilihan hotel unik kedua adalah Omah Njonja Bed & Brasserie yang berlokasi di Jalan Sawitsari, Condong Catur, Sleman. Alih-alih tampil modern, eksterior Omah Njonja Bed & Brasserie justru terlihat berbeda karena mengusung dekorasi klasik khas Jawa dengan paduan cat warna-warni.

Sementara itu, di bagian dalam hotel kamu akan menyaksikan pemandangan kontras karena konsep desain yang mengkombinasikan unsur Tionghoa, furniture klasik, dan tambahan aksen mural pada dinding.

Wabi Sabi House

Satu lagi penginapan yang memiliki dekorasi unik yaitu Wabi Sabi House. Dibandingkan dengan dua pilihan sebelumnya, desain interior dan eksterior Wabi Sabi House nggak kalah instagramable kok.

Beralamat di Jl. Tohpati Gang Sugriwo No.171 MG II, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Wabi Sabi House menghadirkan nuansa mediterania bohemian layaknya cottages-cottages yang ada di tepi pantai.

Kalau kamu datang bersama keluarga, Wabi Sabi House adalah tempat menginap yang pas karena mampu memberikan suasana yang lebih privat.

Kuliner Enak di Jogja

Setelah membaca ulasan tentang hotel unik di Jogja, sekarang cari tahu deretan kuliner enak Jogja yang wajib dicoba, yuk! Ini dia rekomendasinya.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto termasuk kuliner legendaris di Jogja. Alamatnya berada di Jalan Parangtritis KM 6,5 Bantul. Sudah ada sejak 1960, Mangut Lele Mbah Marto dimasak menggunakan rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa sedap, enak, sekaligus menggugah selera.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Bogor yang Harus Dikunjungi!

Uniknya, sambil menyantap hidangan yang ada pengunjung bisa menyaksikan proses memasak mangut lele secara langsung karena depot ini menggunakan konsep open kitchen.

Mie Ayam Tumini

Buat penggemar mi, kamu bisa datang ke Mie Ayam Tumini yang lokasinya dekat dengan Terminal Giwangan. Buka mulai pukul 10 pagi, Mie Ayam Tumini dikenal memiliki porsi jumbo dengan kuah kecoklatan yang gurih ditambah potongan daging ayam sekaligus ceker. Saking banyaknya penikmat kuliner yang datang ke sini, kabarnya dalam sehari Mie Ayam Tumini mampu menjual hingga 700 porsi.

Gudeg Mbah Lindu

Nama Gudeg Mbah Lindu memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Yogyakarta dan sebagian turis yang kerap mengunjungi kota ini. Beralamat di Jalan Sosrowijayan, gudeg satu ini dikabarkan sudah ada sejak zaman kolonial, lho. Soal rasa, Gudeg Mbah Lindu terasa istimewa karena proses pengolahannya masih mempertahankan cara tradisional.

Sate Klathak Pak Bari

Tempat kuliner terakhir yang nggak boleh dilewatkan adalah Sate Klathak Pak Bari di Pasar Jejeran Wonokromo, Bantul, Yogyakarta. Olahan sate dari usaha turun temurun ini nyatanya banyak diburu para pengunjung karena rasanya yang nikmat. Seporsi Sate Klathak Pak Bari pun terasa makin lezat bersama tambahan kuah gulai yang gurih.

Objek Wisata Menarik di Jogja

Jalan-jalan ke Jogja rasanya kurang lengkap kalau belum mengunjungi sejumlah objek wisata berikut.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah tempat yang pas untuk berfoto dan bermain sandboarding ala padang pasir yang ada di Timur Tengah. Biar nggak panas, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Heha Sky View

Berlokasi di Gunung Kidul, Heha Sky View merupakan tempat wisata yang menghadirkan konsep cafe & resto lengkap dengan spot-spot foto yang instagramable.

Puncak Segoro

Lokasinya yang berada di atas tebing membuat pengunjung bisa menikmati hamparan perbukitan hijau serta birunya Samudera Hindia dari Puncak Segoro. Selain keindahan pemandangannya, Puncak Segoro turut menghadirkan spot berfoto untuk kamu yang hobi selfie.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata di Danau Toba dan Sekitarnya

Geo Tubing Lava Bantal

Terakhir, kamu bisa memacu adrenalin dengan melakukan atraksi Geo Tubing Lava Bantal. Wahana ini akan mengajakmu menyusuri derasnya aliran sungai menggunakan ban renang.

Puas menikmati Kota Jogja dengan segala daya tariknya? Kini saatnya kembali ke rutinitas! Dari kota Jogja, kamu bisa menggunakan Taxi Blue Bird ke bandara demi menghemat waktu perjalanan. Semoga seluruh tempat di atas benar-benar mampu menciptakan pengalaman liburan yang berkesan, ya.

1 komentar untuk “Berencana Liburan ke Jogja? Baca Dulu Panduan Wisata Berikut Ini”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap