Alasanku Mengapa Memilih Kuliah

Alasanku Mengapa Memilih Kuliah 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Ekspetasiku Terhadap Dunia Perkuliahan – Tak terasa nih, bentar lagi aku bakal meninggalkan masa putih abu-abu. Ya, sekarang aku sudah memasuki semester kedua di kelas 12 (3 SMA) di salah satu SMA Negeri di Tualang (Siak, Riau). Di masa-masa SMA ini bisa dibilang aku cukup bahagia dan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang mengesankan.

Seperti murid SMA pada umumnya, aku juga telah memikirkan mau ke mana nantinya setelah tamat dari bangku sekolah; kuliah atau kerja? Setelah melalui proses pemikiran yang panjang, riset ke sana ke sini, baca banyak artikel, dan melihat banyak video di Youtube, aku memutuskan untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan.

Serius, ini jadi pilihan yang tak ku sangka-sangka sebelumnya. Padahal, dulu aku sangat benci dengan yang namanya sekolah. Lanjut ke perkuliahan seakan-akan menjadi pilihan yang mustahil bagiku dulu, ya karena aku tidak suka dengan sekolah yang sangat membosankan itu. Tapi itu dulu.

Alasanku memilih untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi adalah karena berdasarkan apa yang aku riset selama ini: baca-baca artikel, lihat video, dan lainnya membuka mataku mengenai pendidikan. Bahwa pendidikan itu penting banget bagi kehidupan kita ke depan.

Ekspetasiku Terhadap Dunia Perkuliahan

Nah, di tulisan kali ini aku bakal nulisin apa-apa saja ekspetasiku, bayanganku, atau harapanku lah ke depannya jika sudah masuk dunia perkuliahan dan diterima oleh universitas yang aku idam-idamkan.

Oh ya, sekadar ngasih tau, ekspetasi yang aku tulis di bawah ini terbentuk karena hasil risetku selama ini. Tujuanku nulis ini agar jika aku sudah masuk kuliah nanti bisa baca-baca ini dan senyum-senyum sendiri.

Cara Berpikir: Dunia Kuliah itu Bikin Kita jadi Berpikir Kritis

Pertama, bikin kita jadi berpikir kritis. Nah, berpikir kritis sengaja aku masukin ke paling atas, karena aku sering banget menemukan ini jika orang-orang membahas mengenai alasan mengapa harus kuliah.

Mereka yang sudah berkuliah memberikan pendapat bahwa dengan berkuliah akan mengubah cara berpikir kita atau sudut pandangan kita terhadap sesuatu. Menurutku sendiri, berpikir kritis ini penting banget apalagi kita sudah memasuki era digital yang mana informasi dengan begitu cepatnya bertebaran, skill berpikir kritis ini penting banget.

Relasi: Memudahkan Kita Bertemu dengan Orang-orang Penting dan Hebat

Kedua adalah relasi. Selanjutnya alasanku memilih berkuliah atau juga ekspetasiku ketika kuliah nanti aku akan dimudahkan untuk bertemu dengan orang-orang penting dan hebat, entah itu pejabat, peneliti, ilmuwan, orang-orang terkenal, ataupun teman sekampus yang memiliki kemampuan luar biasa yang bisa membantu kehidupan dunia kita ke depannya (baca: karir).

Merantau: Bikin Jadi Lebih Mandiri dan Menjadi Pribadi yang Lebih Kuat

Ketiga adalah merantau. Sering kali aku mendengarkan cerita-cerita dari mereka yang berkuliah bahwa hidup mereka berubah menjadi lebih mandiri dan kuat karena waktu kuliah jauh dari keluarga (merantau). Karena merantau, mereka menjadi lebih pandai mengatur waktu, mengatur keuangan, dan menjaga kesehatan. Menarik sih ini menurutku, mengingat selama ini aku tinggal bersama orang tua dan merasakan hidup yang sangat nyaman tanpa beban, wkwk.

Fasilitas Kampus: Membuat Kita Lebih Berkembang Karena Fasilitas yang Memadai

Keempat adalah fasilitas kampus. Katanya nih, di universitas-universitas (gatau univ mana) biasanya memiliki fasilitas yang lengkap sehingga membantu kita lebih berkembang. Entah itu fasilitas perpustakaan, akses bahan bacaan seperti e-jurnal, e-mail kampus, lingkungan belajar yang nyaman, dan lainnya deh. Itu sih yang aku tau.

Bisa Jadi Lebih Bermanfaat bagi Masyarakat Banyak

Selanjutnya yang aku sering baca dan denger juga nih, jika berkuliah kita bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jika berkuliah, kita bisa berkesempatan bikin penelitian, karya tulis, atau apapun itu yang bisa disebarluaskan ke masyarakat banyak dan bisa memberikan manfaat. Kan seru juga tu, hidup kita jadi lebih bermanfaat.

Keterampilan dan Pengetahuan Semakin Diasah

Dan yang terakhir nih, keterampilan dan pengetahuan kita semakin diasah. Bagi kamu yang sudah memiliki keterampilan (skill) di dunia perkuliahan nanti skill yang kamu miliki bisa semakin terasah dan berkembang di dunia perkuliahan. Karena di perkuliahan, kamu akan dapetin banyak ilmu-ilmu baru dan diajar langsung oleh tenaga pengajar yang ahli di bidangnya. Katanya sih gitu.

Nah, demikianlah tulisan kali ini. Semoga Allah Azza wa Jalla memudahkanku dan teman-teman semuanya untuk masuk ke universitas yang terbaik. Ini maksudnya terbaik menurut pandangan Allah ya, karena kita manusia kan sering salah tuh. Kita pikir universitas yang kita akan masuk nanti terbaik untuk kita, padahal kita manusia ini mah taunya apa?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Sebagai remaja yang lahir pada tahun 2000-an atau yang dikenal dengan istilah generasi Z, aku akrab banget dengan yang...