Cara Meningkatkan Semangat Belajar & Kuliah Ketika Daring

Cara Meningkatkan Semangat Belajar & Kuliah Ketika Daring 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Salah satu kendala yang sering aku alami ketika sedang belajar dan kuliah secara daring atau online adalah rasa malas yang selalu menghampiri. Rasa malas ini membuatku terkadang tidak semangat dan tidak fokus dalam menyimak penjelasan dosen, tidak semangat dalam mengikuti perkuliahan, dan bahkan tidak semangat dalam mengerjakan tugas.

Baca juga: Alasanku Mengapa Akhirnya Memutuskan untuk Kuliah

Apalagi di tengah kondisi seperti sekarang ini, yang mana semua aktivitas perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga menimbulkan banyak distraksi dan cobaan yang mau tak mau harus dilewati. Mulai dari godaan membuka aplikasi yang lain ketika pembelajaran, membuka sosial media, dan berbagai distraksi lainnya menjadi tantangan tersendiri.

Tak bisa dipungkiri, rasa malas dalam diri manusia tak bisa dihindari, seperti yang pernah aku baca; kita (manusia) cenderung menghindari risiko dan hal-hal yang menimbulkan rasa tidak nyaman, makanya banyak dari manusia lebih suka scroll sosial media berjam-jam dibandingkan membaca buku ataupun belajar; karena belajar itu bagi sebagian orang membosankan.

Cara Meningkatkan Semangat Belajar & Kuliah Ketika Daring

Sebenarnya nggak masalah malas-malasan, asal, tugas dan pekerjaan kita semuanya sudah selesai. Namun sebagai mahasiswa, aku menyadari, bahwa kebiasaan malas-malasan bukanlah hal yang baik dan harus ditinggalkan.

Baca juga: 8 Cara Berhenti dari Kebiasaan Menunda-nunda dengan Mudah

Untuk menghindari hal tersebut, aku melakukan berbagai cara untuk meningkatkan semangat belajar agar bisa menjalani kuliah daring secara optimal.

Meluruskan Niat Karena Allah Ta’ala

Salah satu penyebab yang membuat perkuliahan terasa berat dan menjadi malas ketika dilakukan adalah karena niatnya yang tidak tepat dalam menjalaninya. Banyak dari para mahasiswa yang berniat kuliah hanya untuk mendapatkan nilai yang tinggi, sehingga terkadang rela melakukan apa saja untuk meraih tujuannya tersebut.

Sebaiknyalah meluruskan niatnya karena Allah Ta’ala, seperti:

  • Ingin membahagiakan dan membanggakan kedua orangtua
  • Ingin memberikan kontribusi terhadap bangsa dan agama dengan ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan
  • dan niat-niat baik lainnya

Dengan begitu, InsyaAllah perkuliahan kita dimudahkan oleh Allah dalam menjalaninya.

Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

Salah satu doa yang diajarkan Nabi Shallallahu ‘Alayhi Wa sallam adalah doa memohon ilmu yang bermanfaat, seperti yang sering kita dengar atau baca ketika dzikir pagi dan petang, berikut adalah lafadz doanya:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allâh! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima. (Musnad Imam Ahmad, 6/322; Sunan Ibnu Majah, no. 925; dan hadits ini dinilai sebagai hadits shahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih Ibni Majah, no. 753)

Mandi dan Mengenakan Pakaian yang Rapi

Terkadang, aku merasa bahwa ketika kuliah daring tak mengapa mengenakan pakaian yang seadanya dan bahkan tidak mandi ketika sedang menyimak pembelajaran dari dosen. Apa dampak yang aku rasakan? aku jadi tidak semangat dan tidak serius dalam menyimak pembelajaran.

Baca juga: Aplikasi Islam Sesuai Sunnah Terbaik di Android

Menurut psikologi, pakaian yang kita kenakan itu berpengaruh terhadap performa kita dalam menjalani suatu kegiatan, contohnya perkuliahan. Karena dengan menggunakan pakaian yang rapi, secara tidak langsung otak kita dapat membedakan mana waktunya untuk serius (belajar) dan mana waktu untuk bermain. So, mulai sekarang biasakan ya mengenakan pakaian yang rapi dan juga mandi biar seger.

Merapikan Meja atau Tempat Belajar

Sebagai seorang pemalas, aku merasakan perbedaan yang cukup signifikan ketika belajar atau bekerja dalam keadaan meja yang rapi dan tidak. Jika keadaan mejaku berantakan, secara tidak langsung aku menjadi malas untuk belajar dan bekerja. Berbeda ketika keadaan mejaku rapi, aku jadi semakin semangat dalam belajar hingga tahan duduk berjam-jam.

Olahraga Kecil-kecilan di Pagi Hari

Agar badanku tak mudah lelah dan peredaran darah berjalan dengan lancar, biasanya aku melakukan olahraga kecil-kecilan di pagi harinya. Hal ini sadar tak sadar cukup berpengaruh terhadap produktivitas dan kinerjaku dalam perkuliahan. Dengan berolahraga, aku jadi tak gampang lelah dan badan terasa jadi lebih segar.

Menghindari Begadang di Malam Harinya

Jujur, meninggalkan kebiasaan begadang ini cukup sulit bagiku, apalagi aku udah terbiasa untuk tidur larut malam setiap harinya. Walaupun begitu, aku tetap berusaha mencukupi kebutuhan tidur 7-9 jam perharinya dengan melanjutkan tidur di paginya (sebenarnya nggak baik) jika tidak ada kelas.

Dengan begadang, kalian akan lemes dan tidak memiliki energi dalam menjalani perkuliahan, sering ngantuk, tidak fokus, dan berbagai efek negatif lainnya yang bakalan kalian rasakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Inilah 4 Nilai Plus Belanja Groceries Lewat Aplikasi Astro

Wajib hukumnya untuk selalu berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, utamanya adalah bahan makanan. Bahkan tak jarang diantaranya yang suka menyetok...